Melanjuti artikel sebelumnya mengenai Tips agar DCT dan TCM awet
Bila tidak kenal karakter dan problem maka menjadi momok yang mengerikan bagi pemilik Ford dg teknologi Dual Clutch kering.
Kopling ganda kering (Dry Dual Clutch) pada Ford Fiesta tergolong teknologi yang cukup canggih, namun pola berkendaranya tidak bisa disamakan dengan menggunakan transmisi otomatis konvensional atau CVT.
Kopling ganda kering (Dry Dual Clutch) pada Ford Fiesta tergolong teknologi yang cukup canggih, namun pola berkendaranya tidak bisa disamakan dengan menggunakan transmisi otomatis konvensional atau CVT.
Sudah kita ketahui bersama kerusakan dual clutch itu ada pada komponen koplingnya, bukan pada transmisi. Penyababnya bisa dari beragam hal, tapi yang paling sering akibat pengoperasian penggunanya, salah satunya adalah kebiasan mendiamkan tuas pada posisi D saat berhenti lama sampai prilaku perpindahan giginya yang kasar.
Kondisi macet stop n go serta iklim panas sangat mempengaruhi sistem kerja dari dual clutch, yang menyebabkan terjadi overheat pada tranmsisi yang dapat membuat rusak TCM.
Permasalahan yang umum terjadi adalah TCM Fail krn transmisi sering overheat atau krn Grounding yang kurang baik
TCM Fail krn grounding yang kurang baik dapat dengan mudah di perbaiki dengan cara spt video dibawah ini:
TCM Failure symptoms yang tidak dapat diatasi dengan memperbaiki grounding maka satu2nya jalan adalah dengan mengganti part TCM
Problem DCT lainnya adalah Shrudder karena oli rembes ke ruang Dual Clutch yang mengakibatkan slip. Dan dibawah ini adalah cara memperbaiki DCT Shrudder (Jader)
dimana bengkel yg bisa melakukan modifikasi DCT/TCM pada type mobil Ford Fiesta
ReplyDeletedimana bengkel yg bisa melakukan modifikasi DCT/TCM pada type mobil Ford Fiesta
ReplyDeleteSELAMAT SIANG MAS
ReplyDeleteMAU TANYA.. KENAPA SETELAH KOPLING GANDANYA TERPASANG KOK TIDAK BISA DI PUTAR YAA...TRIM..
TCM apakah bisa diinstall ulang kalau error
ReplyDelete